Selasa, 17 Desember 2013

Ledakan Jumlah Penduduk Dunia



LEDAKAN PENDUDUK DUNIA


Menurut penelitian terakhir, populasi manusia di seluruh dunia mencapai 7 miliar orang di tahun 2011 ini. Angka itu kemungkinan akan bertambah lagi sebesar 2,3 miliar di tahun 2050. Padahal, 2,3 miliar adalah jumlah manusia di seluruh planet Bumi pada tahun 1950.


David Bloom, profesor ekonomi dan demografi dari Harvard University menyebutkan, peningkatan jumlah manusia ini akan menghadirkan pergolakan demografi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Science, Bloom menyebutkan, pada tahun 2050, hampir seluruh dari 2,3 miliar manusia baru itu akan tinggal di kawasan yang kurang berkembang. Dan hampir separuhnya tinggal di Afrika.

Sebaliknya, sebut Bloom, populasi manusia di negara maju akan tetap bahkan usianya akan menua, dengan manusia dewasa berusia produktif yang semakin berkurang untuk mendukung penghidupan para pensiunan.

“Meski masalah yang dihadapi negara berkembang berbeda dengan masalah yang dihadapi negara kaya, akan tetapi di era globalisasi, tantangan demografi di manapun merupakan tantangan bagi negara manapun di dunia,” ucap Bloom, seperti dikutip dari UPI, 29 Juli 2011.

Di sepanjang sejarah manusia sendiri, populasi dunia umumnya tumbuh lambat. Sebagai gambaran, di tahun 1850, jumlah manusia baru ada 1 miliar orang. Namun demikian, dalam separuh abad terakhir, populasi telah melonjak dari 3 miliar menjadi 7 miliar.

“Gambaran demografi memang kompleks dan menimbulkan beberapa tantangan berat,” kata Bloom. “Hanya diam dan tidak melakukan apa-apa di saat manusia menghadapi bahaya dari perubahan demografis merupakan tindakan yang tidak bertanggungjawab,” ucapnya.
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/236716-tahun-ini--populasi-dunia-tembus-7-miliar
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Manusia di dunia sudah mencapai angka tujuh miliar pada 2011 silam. Jika Anda tidak bisa membayangkan berapa besar tujuh miliar itu, kami beri perbandingannya.
Tapi pertama, jangan cari jawabannya di antara bintang. Pada malam yang terang sekalipun, hanya beberapa ribu bintang yang akan terlihat dengan mata telanjang.
Dan jangan coba-coba berhitung hingga tujuh miliar. Meskipun satu angka hanya menghabiskan satu detik untuk mengucapkannya (dan anggap saja Anda tidak lupa hitungan Anda). Menghitung hingga tujuh miliar akan membutuhkan waktu lebih dari dua abad.
Memahami angka raksasasa ini tidaklah mudah. Melalui sedikit penyelidikan dan hitungan matematika, angka-angka mulai mewujud di sekitar kita.
Tujuh miliar SMS
Jumlah SMS yang dikirimkan di AS setiap 30 jam, yaitu sekitar 65.000 SMS setiap satu detik. Tidak heran jika jempol kita lelah.
Tujuh miliar langkah
Akan membawa Anda mengitari bumi sebanyak 133 kali. Dengan asumsi rata-rata langkah adalah 0,76 meter, Anda juga dapat mengitari Appalachian Trail lebih dari 1.500 kali. Yang harus dihitung: berapa pasang sepatu yang rusak.
Tujuh miliar kilometer
Jarak maksimum Pluto dari Matahari, jarak minimumnya adalah 4,4 miliar kilometer.
Tujuh miliar tahun
Setengah usia dari alam semesta. Menurut NASA, alam semesta ini tercipta pada sekitar 14 miliar tahun lalu.
Tujuh miliar detik
Kima quahog merupakan hewan yang tercatat berumur terpanjang di dunia. Yaitu sekitar 220 tahun. Jika ia terbentuk pada 1791, ia masih akan hidup sampai hari ini. 1791 adalah tahun di mana Vermont dijadikan negara bagian. Dan saat Mozart meninggal dunia.
(Thomas Pierce. National Geographic Indonesia edisi Maret 2011)

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/07/bandingkan-7-miliar-manusia-dengan-ini

--------------------------------------------------------------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar