Selasa, 17 Desember 2013

Masa Depan Energi, Masa Depan Kehidupan

Masa Depan Energi, Masa Depan Kehidupan

NOPEMBER 20, 2013 AT 01:00 , BY SINLYEVANPUTRA
Bicara tentang energi seperti membicarakan masalah klasik yang tidak akan ada habisnya. Manusia butuh energi untuk mengerakan berbagai sektor penunjang kehidupan. Gaya hidup modern mendorong manusia terjebak dalam ketergantungan yang tinggi terhadap energi. Perhatikan bagaimana respon yang di berikan ketika terjadi pemadaman listrik. Yang terjadi adalah gelisah tidak menentu, mati gaya dan seperti kehabisan ide untuk melakukan sesuatu. Ini semua terjadi karena apa yang kita punya di sekitar kita dan yang selalu berinteraksi dengan kita, kenyataannya sangat bergantung pada energi mulai dari smartphone, komputer, TV, kulkas, pemanas nasi dan lainnya.
Perhatikan pula bagaimana bila terjadi kelangkaan bahan bakar minyak atau gas. Lagi-lagi manusia di buat mati gaya dan kehabisan ide. Roda perekonomian masyarakat menjadi turun karena aktivitas berkurang yang di sebabkan telah terbiasa menggunakan kendaraan dalam setiap aktivitas mobile. Ujung-ujungnya apabila kelangkaan itu tidak segera di atasi akan menjalar menjadi krisis multidimensional yang akhirnya memperpecah persatuan dan kesatuan bangsa.
Gambar. Save Energy, Save Earth / pic. se7entravel.blogspot.com
Itu adalah sekelumit permasalahan yang telah sama-sama kita lihat dan rasakan langsung. Kita patut bersyukur bahwa kemampuan cadangan energi kita masih mampu untuk menyelesaikan permasalahan itu dengan segera. Tetapi pertanyaannya sampai kapan ? Karena faktanya cadangan energi kita terutama minyak bumi dari tahun ke tahun kian menyusut. Banyak para ahli energi yang memprediksi bahwa Indonesia dalam waktu 15-20 tahun mendatang akan mengalami krisis energi.
Krisis energi dapat di artikan sebagai bayangan kelam bagi masa depan kehidupan manusia. Jika itu yang terjadi maka kita akan kembali ke zaman perang dunia atau menjadi bagian dari kota mati. Bagaimana bentuk kota mati, kita bisa ambil contoh bentuk kota mati dalam rangkaian film holywood. Kota di mana kendaraan berserakan di jalan dengan tanpa bisa di kendarai, kota yang megah dengan tanpa ada nyala lampu di malam hari dan masyarakat yang mengungsi di karenakan terjadi perperangan dalam memperebutkan sumber-sumber energi. Tidak dapat di pungkiri bahwa masa depan energi akan menentukan masa depan kehidupan manusia. Untuk itu kita perlu sama-sama melakukan langkah nyata dalam hal melakukan penyelamatan masa depan energi.
Para ahli telah memperkenalkan banyak sumber-sumber energi alternatif yang berpotensi menggantikan peranan energi minyak bumi di masa depan. Energi-energi ini bersifat ramah lingkungan dan terbarukan seperti energi matahari, panas bumi, biomassa, bioenergi, energi angin, dan lain sebagainya. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Saya secara pribadi belum bisa berkontribusi banyak dalam hal ini. Tetapi Saya memikirkan cara-cara yang lebih simpel dalam melakukan penyelamatan energi. Apalagi kalau bukan dengan cara melakukan penghematan energi.
Penghematan energi meskipun konsepnya sederhana tetapi jika di lakukan bersama-sama tentu akan menghasilkan kontribusi yang luar biasa bagi penyelamatan energi untuk masa depan. Kita bisa membayangkan bagaimana peranan uang 100 rupiah yang nyaris tidak berharga, akan bernilai besar apabila uang 100 rupiah itu di kumpulkan oleh 200 juta penduduk Indonesia yang berarti akan terkumpul uang mencapai 20 milyar rupiah. Siapa yang tidak tergoda dengan angka yang demikian besar itu. Sama dengan energi, penghematan energi dalam jumlah 1 watt atau 1 liter pun akan menghasilkan angka yang fantastis bila di lakukan bersama-sama.
Nah, sekarang apa yang dapat kita lakukan untuk penghematan energi ? Tentu banyak sekali dan yakin lah meskipun langkah ini kecil tetapi akan berarti besar bagi penyelamatan energi kita. Take action now and practise this tips !.
Panen Energi dari Energi
Memanen energi dari energi adalah salah satu langkah penghematan yang dapat dilakukan. Konsep panen energi dari energi ini tidak dapat dilepaskan dari hukum termodinamika ke-2 atau dikenal juga sebagai hukum degradasi energi yang menyatakan bahwa tidak ada proses pengubahan energi yang efisien sehingga pastilah akan terjadi penurunan kualitas energi didalamnya. Kualitas energi ini disebut sebagai exergi. Exergi ini dapat ditransfer di antara sistem dan dapat dihancurkan oleh irreversibiltas di dalam sistem.
Dalam pendekatan ini strategi penghematan energi yang direkomendasikan adalah pemanfaatan energi secara optimal termasuk didalamnya pemanfaatan exergi-exergi. Sehingga dalam pendekatan ini diharapkan tidak ada energi dan exergi yang terbuang percuma ke lingkungan. Strategi ini merekomendasikan adanya identifikasi kualitas sumber energi dengan pengkategorian kualitas energi tinggi dan rendah serta penentuan cara-cara menyalurkan sumber-sumber tersebut.
Meskipun konsep ini terlihat ribet dan ilmiah tetapi penerapan secara langsung dapat dilakukan secara sederhana. Dapat di contohkan sebagai berikut. Dalam konsep ini pemanas air (water heater) di kategorikan sebagai energi kualitas rendah. Tugas dan kebutuhan energi kualitas rendah seperti water heater dapat diperoleh lebih efisien dan murah dengan tanpa menggunakan energi listrik. Caranya adalah dengan memanfaatkan limbah panas dari mesin Air Conditioner (AC). Sedangkan untuk memanaskan air di bak mandi, kita dapat memanfaatkan limbah panas dari mesin generator listrik berbahan bakar solar. Contoh lainnya adalah evaluasi penggunaan pemanas ruangan. Peranan pemanas ruangan yang mengkonsumsi energi listrik dapat di ganti peranannya dengan cara menangkap limbah panas yang dipancarkan dari peralatan kantor seperti komputer, mesin photocopy, dan lampu. Jadi dalam hal ini energi listrik yang merupakan energi dengan kualitas tinggi tetap dipertahankan untuk melakukan suatu kerja dengan kualitas yang sepadan. Sedangkan energi-energi listrik yang telah terkonversi menjadi energi panas, tidak begitu saja terbuang percuma ke lingkungan, tetapi dimanfaatkan untuk hal lain yang sepadan dengan kualitas energinya. Sehingga dengan cara ini pemanfaatan energi benar-benar dikelola secara optimal.
Budaya Hemat Energi di Rumah
Penghematan energi di rumah adalah cara lain yang memberikan kontribusi signifikan dalam penyelamatan energi untuk masa depan. Setidaknya lakukan hal-hal sederhana berikut ini dalam penggunaan peralatan elektronik di rumah anda :
  1. Gunakan produk elektronik hemat energi. Sebelum melakukan pembelian, perhatikan label energi yang umumnya memuat jumlah konsumsi energi dan rating efisiensi energi. Pilihlah produk dengan rating efisiensi energi yang tinggi, sehingga kita dapat menghemat energi lebih banyak. Selain itu jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya untuk mengukur kebutuhan energi di rumah Anda yang disesuaikan dengan luas ruangan, tinggi, warna cat, jumlah manusia dan desain letak furnitur ruangan. Dengan ini kita akan mengetahui peralatan elektronik apa yang efektif untuk di gunakan di rumah dengan tanpa khawatir konsumsi energi yang boros.
  2. Sesuaikan kapasitas kerja mesin dengan kebutuhan. Sebagai contoh, saat hendak memakai mesin cuci, jangan hanya memasukkan 1-2 potong baju saja ke dalam tabung. Lebih baik memasukkannya dalam jumlah banyak yang proporsional sesuai dengan kapasitas mesin. Hal yang sama juga di lakukan pada kulkas, jangan menempatkan barang yang melebihi kapasitasnya. Dan jangan menyimpan makanan panas ke dalam kulkas, tetapi biarkan dingin terlebih dahulu sebelum di simpan agar konsumsi energi listrik tidak meningkat.
  3. Pengaturan Suhu Optimal AC. Karena 50% konsumsi listrik di rumah umumnya di gunakan untuk AC, maka atur temperatur AC pada suhu 24-25OC yang merupakan suhu yang ideal dalam penghematan energi. Ingat : Setiap penurunan 1 derajat akan menyebabkan konsumsi energi meningkat menjadi 90 kWh per tahun.
  4. Perhatikan tata letak barang. Perhatikan tata letak barang agar perangkat elektronik dapat bekerja efektif dan efisien. Misalnya, jarak kulkas dengan dinding jangan terlalu dekat, agar sirkulasi hawa panas mesin menjadi lancar.
  5. Matikan ketika tidak di gunakan. Matikan berbagai perangkat elektronik yang sedang tidak di gunakan atau ketika akan berpergian seperti AC, televisi dan komputer.
  6. Gunakan pencahayaan alamiPerbanyak jendela dan perbesar ukurannya. Pilih bentuk jendela yang tidak terbagi dalam bagian kecil yang dibatasi frame, dapat dibuka lebar dan berkaca transparan. Penggunaan warna cat dinding bernuansa cerah dan terang seperti putih, kuning dan lain-lain turut mendukung penerangan cahaya dalam ruang.
  7. Perluas sirkulasi udara. Sirkulasi udara yang lancar di perlukan agar penggunaan kipas angin atau AC menjadi berkurang dengan cara meletakkan tanaman hijau di area bukaan rumah seperti di sekitar jendela rumah.
Jadi Manusia Hijau
Persfektif berbeda perlu di tunjukan dalam rangka penghematan energi. Pandangan terhadap energi tidak lagi di terjemahkan sebagai pelengkap kehidupan manusia tetapi energi di pandang sebagai bagian dari diri manusia itu sendiri. Konsekuensi dari pandangan ini adalah bahwa manusia sekarang tidak bisa bebas menggunakan energi. Karena keberlanjutan kehidupan manusia di tentukan pula oleh keberlanjutan energi.
Untuk itu mulai sekarang manusia harus berperilaku yang selaras dengan alam yaitu dengan menjadi manusia hijau. Manusia hijau di artikan sebagai manusia yang menerapkan perilaku yang ramah lingkungan dalam penggunaan energi. Beberapa perilaku yang dapat di lakukan adalah :
  1. Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Meskipun kendaraan bermotor yang benar-benar ramah lingkungan belum ada tetapi kita dapat meminimalisir penggunaan energi dengan cara menggunakan kendaraan yang telah terbukti irit dalam konsumsi bahan bakar sekaligus menghasilkan gas buang sempurna sehingga dapat meminimalkan dampak polutan terhadap lingkungan. Penggunaan sepeda, skuter atau sepatu roda dapat menjadi alternatif lain apabila jarak yang di tempuh tidak terlalu jauh.
  2. Gunakan bahan bakar ramah lingkungan (Pertamax). Bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan untuk kendaraan telah banyak di hasilkan. Tetapi sangat sulit mencarinya di pasaran. Untuk itu penggunaan Pertamax dengan EcoSave Technology adalah pilihan tepat untuk penghematan energi. Pertamax telah terbukti mampu mengirit sampai 30% bahan bakar di bandingkan bensin/premium. Selain itu Pertamax juga menggunakan 5% bioetanol yang dapat mengurangi polusi udara secara signifikan.
  3. Jadilah Green Driver. Perilaku green driver adalah perilaku mengendarai kendaraandengan kecepatan konstan dan mengurangi frekuensi pengereman. Dengan cara ini maka penggunaan energy akan efisien sekaligus pembakaran bahan bakar akan menjadi sempurna menghasilkan gas CO2. Selain itu green driver akan mematikan mesin kendaraan ketika menghadapi kondisi jalanan macet atau pada pemberhentian lampu merah karena apabila kondisi mesin kendaraan hidup maka pembakaran bahan bakar tidak efisien dan tidak sempurna, sehingga menghasilkan banyak polutan udara berbahaya yang berkumpul pada satu tempat.
  4. Lakukan Pengecekan Tekanan Angin Ban dan Pastikan Ban Kendaraan PenuhTekanan angin yang cukup di percaya dapat menjaga kondisi kendaraan kita lebih optimal dan menghemat 5% penggunaan bahan bakar. Dengan kondisi ban yang penuh juga menjadikan jarak tempuh untuk melakukan perjalanan pun menjadi lebih cepat sehingga menghemat konsumsi bahan bakar sampai 150 kg CO2 untuk setiap 10.000 mil berkendara.
  5. Kenali Lebih Dekat KendaraanDengan mengenali lebih dekat kendaraan, kita akan mengetahui di mana penghematan bahan bakar bisa di lakukan agar pencemaran lingkungan dapat terus di reduksi, seperti dengan melakukan perawatan/servis berkala agar kita tetap mengetahui bahwa kondisi mesin dan fisik kendaraan masih prima dan tidak boros penggunaan bahan bakar. Selain itu dengan mengganti perseneling lebih awal akan mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 15% atau pun mengendarai kendaraan roda empat pada range 1500-3000 rpm yang terbukti mampu menghemat bahan bakar.
  6. Gunakan Transportasi UmumJika dirasa kita adalah jenis pengendara yang bukan termasuk kategori green driver. Ada baiknya untuk menggunakan transportasi umum seperti bus, angkot, ataupun kereta. Dengan cara ini akan membantu penghematan energy dan mengurangi polusi udara.

http://sinlyevanputra.blogdetik.com/2013/11/20/masa-depan-energi-masa-depan-kehidupan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar